Home » » Pertemuan Ke-3 MGMP TIK Kab. Karanganyar 2014

Pertemuan Ke-3 MGMP TIK Kab. Karanganyar 2014

          Alhamdulillaah, kegiatan MGMP TIK tingkat kabupaten telah selesai untuk pertemuan yang ke-3 yang bertempat di SMP N 1 Jaten. Pertemuan kali ini dihadiri oleh anggota yang lebih sedikit dari pertemuan sebelumnya. Hal ini dikarenakan kawan-kawan kita selain mengajar mapel TIK untuk kelas IX, kawan-kawan kita juga banyak yang harus mengampu mapel Prakarya. Inilah salah satu dampak yang dihasilkan oleh K-13, yaitu menghilangkan mapel TIK namun memunculkan mapel baru (Prakarya) yang memaksa guru-guru TIK untuk mengajar mapel baru Prakarya ini. Tentu saja hal ini juga menghambat kegiatan MGMP TIK yang seharusnya bisa dilaksanakan setiap hari rabu namun akhirnya harus dilakukan dua minggu sekali. Bagi guru TIK yang mengampu Prakarya tentu saja tidak bisa setiap rabu dikosongkan. 
         
        Dalam pertemuan  ke-3 ini membahas tentang perangkat administrasi bagi BK TIK. Ada juga pembahasan mengenai Dapodik yang masih sedikit membingungkan dalam hal pengisian untuk guru TIK sendiri. Selain itu juga telah sepakat bahwa untuk meningkatkan kemampuan para guru TIK, dalam pertemuan ini juga mengagendakan untuk pertemua-pertemuan berikutnya agar membahas beberapa hal, diantaranya : 
  1. Mempelajari dan memperdalam penguasaan materi dalam pembuatan bahan ajar yang nantinya akan dipakai untuk membantu sekaligus memfasilitasi guru-guru mapel lain dalam membuat bahan ajar berbasis TIK.
  2. Memperdalam penguasaan aplikasi grafis (coreldraw, photosop atau lainnya)
  3. Mempelajari dan menguasai instalasi maupun sistem jaringan.
  4. Pembuatan blog kreatif untuk pembelajaran.
  5. Membahas tips dan trik dalam penggunaan komputer maupun jaringan.
  6. Dan lain-lain menyesuaikan situasi kondisi ke depannya.
         Kawan-kawan guru TIK di kabupaten Karanganyar ini sebenarnya mempunyai kemampuan dan kreatifitas yang luar biasa dalam hal penguasaan teknologi. Maka, agenda yang sudah disusun di atas diusahakan yang menjadi nara sumber dalam beberapa hal akan disampaikan oleh kawan-kawan guru TIK sendiri. 

          Semoga guru TIK ke depannya akan semakin berkualitas, semakin dihargai dan mampu menjadi leader di instansi masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Categories